SEJARAH

Sejarah Dinas Pertanahan dan Tata Ruang

Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Sleman merupakan organisasi perangkat daerah hasil penataan kelembagaan pada tahun 2016 dan baru beroperasi sejak Tahun 2017 berdasarkan Peraturan Bupati Sleman nomor 66 tahun 2016.

Dinas Pertanahan dan Tata Ruang dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Sleman nomor 11 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Sleman. SedangkanĀ  kedudukan, susunan organisasi, tugas dan fungsi serta tata kerja perangkat daerah diatur dengan Peraturan Bupati Sleman No 2.1 Tahun 2020 menggantikan praturan sebelumnya yaitu Peraturan Bupati Sleman nomor 66 tahun 2016.

Dinas Pertanahan dan Tata Ruang merupakan penggabungan urusan Tata ruang yang sebelumnya di ampu oleh Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Sleman urusan pertanahan dari Kantor Pengendalian Pertanahan Daerah (KPPD) Kabupaten Sleman. Gedung Dinas Pertanahan dan Tata Ruang sendiri dulunya merupakan Dinas Energi Sumber Daya Air (ESDA) Sleman.