- Berita

68 Desa di Sleman Telah Memiliki Perdes Tentang Pemanfaatan Tanah Desa

Peraturan Desa (Perdes) tentang pemanfatan tanah desa penting karena memuat dasar hukum  mengenai letak dan luasan persil dari tanah kas desa, pelungguh, pengarem-arem, dan tanah untuk kepentingan umum beserta peraturan pemanfaatan, perlindungan dan pengawasannya.

Sleman sendiri memiliki 17 Kecamatan dengan total 86 Desa. Sebanyak 68 Desa telah memiliki perdes tentang pemanfaatan tanah desa sementara 18 Desa masih dalam proses riview atau belum memiliki perdes pemanfaatan tanah desa . Dari 68 Peraturan Desa, 45 Perdes telah di review oleh DPTR Sleman dan DPTR DIY, 19 perdes Sedang di review DPTR DIY dan dan 4 diantaranya telah di review oleh DPTR Sleman. Sementara sisanya 11 masih proses review dan 7 Desa belum mengumpulkan perdesnya ke DPTR Sleman.

DPTR Sleman juga telah melaksanakan program ‘jemput bola’ dengan melakukan klarifikasi langsung ke desa untuk mengetahui perkembangan dan hambatan dalam penyusunan Perdes pemanfaatan tanah kas desa. Program ini dijalankan 3 kali dalam seminggu dari tanggal 7 Juli hingga 23 Juli 2020. Diharapakan Perdes tentang pemanfaatan tanah kas desa di seluruh Pemerintah Desa Kabupaten Sleman dapat segera terselesaikan sehingga dapat mempertegas dasar hukum tentang pemanfaatan tanah kas desa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *