- Berita

Presentasi Hasil Penyusunan Titik Koordinat Geodetik Batas Wilayah Kabupaten Sleman dengan Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman dengan Kabupaten Bantul

Selasa (14/04/2020) Presentasi Hasil Akhir Penyusunan Titik Koordinat Geodetik Batas Wilayah Kabupaten Sleman dengan Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman dengan Kabupaten Sleman dilaksanakan oleh Konsultan Penyusunan dan Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (DPTR) Kabupaten Sleman. Penyusunan Titik Koordinat Geodetik bertujuan untuk mendapatkan nilai-nilai koordinat dari batas resmi wilayah adminsitrasi yang berbatasan dengan Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman. Proses pengambilain nilai-nilai koordinat telah selesai dilaksanakan oleh konsultan dan dipresentasikan dalam rapat ini.

Batas wilayah yang diambil merupakan batas wilayah Kabupaten Sleman dengan Kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul. Pilar wilayah Kabupaten SlemanĀ  dengan Kota Yogyakarta sejumlah 66 pilar batas wilayah dengan 53 pilar dapat diukur lokasinya sedangkan 12 pilar batas tidak bisa ditemukan dan 1 pilar berada di dalam Rumah Sakit Panti Rapih. Pilar batas wilayah Kabupaten Sleman dengan Kabupaten Bantul dipetakan sebanyak 14 pilar yang tersebar di 5 kecamatan. Proses pemetaan menggunakan GPS Geodetik sebagai alat dan metode Rapid Static menggunakan titik ikat Stasiun Cors Orde 0. dengan pilar = N 0005 yang berlokasi di kampus UGM.

Informasi nilai titik koordinat batas wilayah ini dapat dimanfaatakan untuk berbagai kegiatan terutama pemetaan skala detail. Pengambilan nilai titik koordinat batas wilayah Kabupaten Sleman dengan Kota Yogyakarta memiliki nilai rmse rata-rata 0,0334 m sedangkan Kabupaten Sleman dengan Kabupaten Bantul memiliki nilai rmse 0,0155 m.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *