- Berita

Laporan Sosialisasi Kegiatan Tertib Administrasi Pertanahan di Desa Margoluwih

Selasa, 4 Februari 2020 Sosialisasi kegiatan tertib administrasi pertanahan dilaksanakan di Balai Desa Margoluwih Kecamatan Seyegan dengan jumlah peserta 60 orang yang berasal dari Perangkat Desa, Tokoh Masyarakat dan Warga Masyarakat sekitar. Sosialisasi dilakukan oleh narasumber dari Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (DPTR) Kabupaten Sleman, Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Sleman dan Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Terapdu (DPMPPT) Kabupaten Sleman, dan Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Sleman.

DPTR Sleman memaparkan bahwa pada 2025 semua tanah di Kabupaten Sleman harus sudah terdaftar. tanah yang terdaftar terdiri dari Tanah Sultan Ground (SG) maupun tanah hak milik. Kegiatan Sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mendaftakan tanah yang belum terdaftar. BKAD memproses tanah SG yang digunakan oleh pemda bila tanah SG dibawah pengelolaan Pemda sudah tidak digunakan lagi dan apabila akan digunakan oleh pihak lain harus seijin Bupati.

Kantor pertanahan memaparkan bahwa pendafataran tanah dapat dilakukan saat PBB sudah terbayarkan dan segala urusan yang berkaitan dengan pertanahan sudah terselesaikan. Pendaftaran tanah dapat dilakuakn secara sistematik dan sporadik. pendaftaran tanah secara sistematik adalah pendaftaran tanah melalui proyek seperti PTSL, Proyek PAP dan Proyek UMK. Pendaftaran tanah secara sporadik merupakan pandaftaran tanah yang dilakukan secara rutin di kantor pertanahan malalui palayanan Larasita.

DPMPPT memaparkan penjelasan singkat masalah permohonan perijinan beserta persyaratannya, ada beberapa perijinan yang sebagian sudah dilimpahkan kewenangannya ke Kecamatan , DPMPPT, hanya pelayanan diluar yang telah dilimpahkan ke Kecamatan.

Kegiatan Sosialisasi dikahiri dengan sesi diskusi dan penutup serta berajalan dengan lancar dan tertib.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *