- Berita

Focus Group Discussion Penyelesaian Permasalahan Tanah Desa

Kamis, 19 September 2019 Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Sleman khususnya Seksi Sengketa Tanah, Bidang Pertanahan menyelenggarakan Focus Group Discussion Penyelesaian Permasalahan Tanah Desa di Hotel Atrium, Jombor, Kabupaten Sleman. Dalam kegiatan FGD tersebut menghadirkan sejumlah Narasumber antara lain yaitu Nuridin, A. Ptnh dari Kantor Pertanahan Kabupaten Sleman, Drs. R. Wahyu Wibowo dari Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Sleman dan Muhammad Sugandi, S.H.,M.Si dari Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Sleman serta mengundang audien dari 86 Kelurahan beserta 17 Kecamatan yang berada di Kabupaten Sleman.

Focus Group Discussion (FGD) difokuskan pada penyelesaian sengketa pertanahan maupun konflik pertanahan khususnya terkait tanah desa, contoh tukar-menukar tanah desa dengan tanah warga dan terkait pelepasan yang belum selesai administrasinya sehingga legalitas hak atas tanah belum dimiliki oleh kedua belah pihak yaitu Pemerintah Desa maupun warga yang bersangkutan.

Tujuan diselenggarakan kegiatan FGD, diharapkan Kelurahan segera mempersiapkan data-data terkait data tanah yang harus diselesaikan dan dimohonkan legalitasnya, dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Sleman khususnya Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Sleman mendorong Pemerintah Desa untuk aktif menyelesaikan permasalahan tanah desa agar warga yang terkait dalam kepemilikan tanah segera mendapat hak atas tanah yang dikuasainya, dan diharapkan penyelesaian permasalahan tanah yang ada di desa-desa dapat menurunkan angka administrasi tanah desa yang belum tertib.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *